inilah 11 Hal Yang wajib Kamu Lakukan Ketika Gempa

7:32 AM



Gempa yang terjadi pada 15 desember 2017 tersebut telah mengguncangkan sebagian pulau di indonesia. Titik Pusatnya gempa berada di wilayah selatan jawa Barat, DI Yogyakrta dan Jawa Tengah. Dengan Kekuatan 6,9 SR seluruh jawa terguncangkan dan terasa sangat kuat getarannya.

Dalam Website Tribunnews.com menjelaskan bahwa Daerah-daerah yang terdekat dengan kejadian gempa langsung di adakan penanganan darurat, untuk mensinyalir daerah mana sajakah yang kena dampak paling buruk akibat gempa semalam, itu semua di sampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Negara indonesia yang termasuk negara kepulauan memang sudah menjadi takdir akan resiko terkena gempa, itu semua jika di nilai dari segi geologinya. Jika kita berkata takdir Sang Maha kuasa kita tidak akan tahu penyebab sebenarnya gempa tersebut. Jadi jangan merasa asing jika daerah kita terkena gempa karena musibah datang pun kapan saja.

Oleh sebab itu kita tidak boleh diam saja jika terkena musibah seperti gempa, angin puting beliung ataupun gempa seperti yang terjadi pada malam 15 desember tersebut. 

Cobalah pelajari 11 Hal yang Perlu Kalian Ketahui ketika Terjadi Gempa:

Ketika Posisi Dirumah

1. Apabila saat gempa terjadi kita berada di posisis dalam rumah lebih baik cari tempat berlindung. Contohnya adalah Meja untuk berlindung, dengan memegang kaki meja agar lebih kuat lindungi juga kepala kita seminimal mungkin dengan tangan atau dengan tas.

2.Jauhilah benda-benda berjenis kaca atau benda yang mudah pecah belah, Lemari atau benda yang berbeban berat dan lebih aman lagi untuk memperhatikan daerah sekitar.

3. Ketika getaran gempa sudah berhenti agar segera bergegas keluar dari rumah dan tetap buka pintu secepatnya.

Ketika Di Dalam Gedung

4. Keluar Secepatnya dari gedung setelah getaran gempa berhenti dan cari tempat aman dan jauhi benda atau gedung yang tinggi.

5. Hafalkan dimana posisi Tangga darurat berada

6. Jangan Gunakan Lift atau hal-hal di gedung yang mudah rusak. dan Gunakan tangga Darurat.



Ketika Posisi Berada dirumah

7. Carilah lapagan atau tanah yang luas tanpa ada bangunan apabila sudah keluar dari rumah.

8. Hindari tiang listrik, Pohon, bangunan atau hal lain yang mudah ambruk dalam sekejap.

9. Hindari Lereng yang curam atau jurang, di karenakan kemungkinan terjadinya longsor lebih besar.

10. Untuk Mengantisipasi Terjadinya Tsunami Carilah tempat yang lebih tinggi ketika getaran berhenti.

11. Jika berada dalam kendaraan atau berada di dalam mobil segeralah turun dan jangan lewati jembatan atau jalan yang melayang dikarenakan hal-hal tersebut lebih mudah roboh.

Begitulah hal-hal yang perlu dan wajib kalian ketahui di saat tempat kalian terjadi gempa dengan getaran yang begitu kuat. Itu semua sudah sering di lakukan oleh BMKG Filiphina ketika ada musibah. Akan Lebih baik disaat gempat terjadi jangan panik dan jika masih kaut.


Sumber: Tribunnews.com dan Rappler.com

You Might Also Like

0 comments

Pages