7 Makanan ini Bisa Membuat Anda Susah Tidur

4:31 PM



Apabila merasa masih sulit memejamkan mata, coba ingat-ingat makanan apa yang Anda konsumsi tadi siang. Ya, pada jenis makanan tertentu ditengarai dapat mengganggu kualitas tidur karena dapat memicu terjadinya refluks asam lambung.

Dikutip dari prevention.com, berikut daftar makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi di malam hari, terlebih menjelang tidur. Apa saja?

1. Saos Tomat

Saus tomat pada pasta ternyata menyebabkan mulas bagi orang yang menderita asam lambung. Selain itu, kandungan asam amino tyramine dapat memicu otak melepaskan norepinephrine, yaitu stimulan yang meningkatkan aktivitas otak untuk selalu waspada dan tentunya menghambat tidur Anda.

2. Cokelat

Cokelat secara alami mengandung kafein, yang mungkin bermasalah bagi mereka yang tidak terbiasa mengonsumsinya. Coklat juga memiliki senyawa yang disebut theobromine, yaitu stimulan yang menyebabkan peningkatan denyut jantung, sehingga sulit tertidur.

3. Soda

Kandungan kafein dan gula pada minuman soda telah dikaitkan dengan durasi tidur yang singkat sehingga Anda kerap mengalami insomnia.

4. Steak

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, seperti steak akan membuat Anda sulit memejamkan mata. Sebab, makanan ini memakan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga menyebabkan pencernaan Anda terganggu.

Sirloin atas diambil dari bagian pinggang bagian atas sapi. Pemotongan daging sirloin biasanya disertakan dengan sedikit tulang yang melekat. Tulang ini diyakini akan menambahkan cita rasa steak yang sangat khas, tetapi umumnya beberapa orang lebih menyukai steak sirloin tanpa tulang. Rata-rata steak sirloin adalah memiliki ukuran sekitar 2,5 sampai 3,5 inci dengan ketebalan 1 inci. Bagi orang yang meyakini bahwa daging merah biasanya tidak baik dikonsumsi, namun berikut ini adalah beberapa informasi kadar gizi mengenai steak sirloin bagian atas.

Nilai gizi yang dikatakan di atas bisa berubah jika steak sirloin diolah dalam bentuk sajian yang berbeda. Memanggang, open, dan menggunakan panas tinggi adalah beberapa cara terbaik untuk memasak sirloin steak, karena metode ini akan membantu menurunkan jumlah kadar lemak di dalamnya.


5. Alkohol

Alkohol mungkin bisa membantu Anda lebih rileks. Tapi beberapa jam kemudian, Anda akan sulit tidur nyenyak karena minuman beralkohol meningkatkan produksi urin sehingga membuat Anda sering bolak balik kamar mandi di malam hari. Akibatnya, tubuh pun bisa mengalami dehidrasi.

6. Keripik

Makan keripik pedas dapat memicu rasa panas pada orang-orang yang menderita asam lambung. Kondisi akan tambah buruk saat Anda berbaring.


7. Air

Terlalu banyak minum air putih sebelum tidur dapat meningkatkan jumlah urine, sehingga itu akan membuat tidur Anda terganggu karena kerap terbangun di malam hari untuk pipis.

Sumber : Health.detik.com

You Might Also Like

0 comments

Pages