5 Langkah Mudah Cegah Demam Berdarah Ketika Musim Hujan

7:21 PM



Tidak menutup kemungkinan saat musim hujan tiba, wabah demam berdarah semakin merajalela. Perihal ini diakibatkan karena faktor lingkungan yang kurang bersih terhadap sampah di sekelilingnya, terutama pada tempat yang dapat menampung air. Demam berdarah atau Dengue Hemorrhagic Fever, sesungguhnya adalah penyakit yang diakibatkan bukan lantaran nyamuk. Lantaran infeksi virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti, tapi Virus Dengue dikenal sebagai salah satu virus yang memiliki golongan Flaviviridae, untuk itu selalu kondisikan lingkungan kamu biar tetap sehat terhadap suasana apapun.

Virus Dengue mempunyai kesamaan dalam hal penyerangan seperti virus lain. Timbulnya gejala yang disebabkan oleh virus ini biasanya muncul empat sampai sepuluh hari dari masuknya virus melewati gigitan nyamuk. Tidak bisa dianggap remeh, lantaran di Indonesia sendiri pada tahun 2013 mempunyai angka kematian yang tinggi dampak kasus itu. Karena itulah mari kita mulai sekarang menerapkan beberapa langkah-langkah efisien untuk mencegah penyebaran virus DBD melalui nyamuk Aedes Aegypti. 

Seperti yang diturunkan dari laman kompasiana.com, di bawah ini adalah sejumlah langkah-langkah efektif yang sungguh membantu untuk melindungi tubuh dari maraknya virus Dengue yang disebarkan oleh nyamuk.

1. Melakukan 3M

Anda masih ingat dengan slogan 3M yang digagas mulai tahun 2011..? 3M mempunyai makna yang penting sekali yaitu menguras, menutup, dan mengubur. Setiap rincian yang terdapat di dalamnya mempunyai makna sendiri, yang pastinya menguras mampu kita lakukan sepekan minimal satu kali. Agar tidak digunakan untuk perkembangbiakan nyamuk, lalu menutup bathroom kamar mandi Terakhir dikenal sebagai mengubur kaleng / wadah bekas yang menjadi media penampungan air hujan.

2. Menggunakan Anti Nyamuk Saat Tidur

Nyamuk tidak sedikit berkeliaran saat suhu udara dingin, seperti malam dan pagi hari. Agar istirahat kamu tidak terganggu oleh gigitan nyamuk, selalu sediakan lotion anti nyamuk dan tentu yang mengandung N-diethylmetatoluamide, serta telah terbukti aman bagi kulit. Karena bisa menyebabkan persoalan pada kulit yang masih sensitif, hindari pemakaian jenis lotion anti nyamuk tersebut pada bayi,

3. Singkirkan Pakaian Kotor Pada Tempatnya

Sering kita lihat pakaian kotor yang kita gantungkan di kamar mandi akan menjadi sarang peristirahatan nyamuk dan teman-temannya. Untuk itulah biasakan langsung mencuci pakaian kotor atau menyimpan di tempat tertutup, terutama pakaian yang memilik warna gelap.

4. Selalu Sedia Jambu Merah untuk Menjaga Kesehatan

Mengonsumsi jambu merah dikenal sebagai hal sangat penting untuk kita terapkan saat musim hujan. Lantaran banyaknya nyamuk berkeliaran, akan menjadi kesempatan tidak kecil bagi mereka untuk menggigit kita. Oleh sebab itu, guna mencegah serangan virus Dengue, kita disarankan mengonsumsi buah jambu merah secara rutin. Pada alhasil sistem kekebalan tubuh bakal meningkat pada saat virus tersebut menyerang tubuh.

5. Bersihkan Kamar Tidur Setiap Pagi

Membersihkan kamar tidur setiap pagi mungkin belum menjadi sebuah kebiasaan untuk lelaki-lelaki, meskipun tak semuanya. salah satu yang bisa menjadi wabah nyamuk di rumah merupakan kebersihan. Kamar yang bersih, kering dan memiliki sirkulasi udara maksimal, tentunya akan menjadi nyaman saat dihuni. Tapi sebaliknya, jika kita memiliki kamar kumuh, lembab dan tak terjangkau udara bersih, pasti bakal menjadi sarang bagi bakteri, nyamuk, maupun kecoa. 

Sumber : Ucnews / Kompasiana

You Might Also Like

0 comments

Pages